LATAR BELAKANG IMAM AL-GHAZALI

21:25



Nama sebenar Al-Ghazali adalah Muhammad bin Muhammad, Beliau telah mendapat gelar Imam besar Abu Hamid Hujjatul Islam yang dilahirkan pada tahun 450 H/ 1085 M, di perkampung Ghazalah, Thusia, kota di Khurasan, Persia.Beliau  keturanan Persia dan mempunyai hubungan keluarga dengan raja-raja saljuk yang memerintah daerah Khurasan, Jibal, Irak, Persia, dan Ahwaj. Ayahnya seorang miskin yang jujur, hidup dari usaha sendiri, bertenun kain bulu dan ia sering kali mengunjungi rumah 'Alim ulama untuk menuntut ilmu dan berbuat jasa kepada mereka. Ayah Al-Ghazali sering berdoa kepada Allah agar diberikan anak yang pandai dan berilmu. Akan tetapi belum sempat menyaksikan jawaban Allah atas doanya, ia meninggal dunia pada saat putera idamannya masih usia anak-anak.
            Disamping itu, Al-Ghazali mempunyai seorang adik yang bernama Ahmad, keduanya menjadi ulama besar dan pekagum serta pecinta ilmu. Berkat bantuan seorang sufi sederhana dengan sedikitharta yang diwariskan oleh orang tuannya, Al-Ghazali dan saudaranya memasuki Madrasah Tingkat Dasar (Madrasah Ibtidaiyah) dengan memahami ilmu-ilmu dasar. Gurunya yang utama di madrasah itu adalah Yusuf Al-Nassaj, seorang sufi yang kemudian disebut juga dengan nama Imam Al-Haramain, Al-Nassajlah yang pertama kali meletakan dasar-dasar pemikiran sufi pada diri Al-Ghazali.
Seterusnya, Al-Ghazali mempelajari ilmu fiqih, mantiq, dan ushul.Beliau pun mempelajari antara lain falsafah dari risalah-risalah ikhwanusshofa karangan Al-Farabi
dan Ibnu Maskawaih, sehingga melalui ajaran-ajaran ahli filsafat itu, Al-Ghazali dapat menyelami faham-faham Aristoteles dan pemikir Yunani yang lain. Ia pun mempelajari ajaaran Islam dariimam Syafi'i, Haramlah, Jambad, Al-Muhasibi, dan lain-lain. Al-Ghazalipun berguru pada imam Abu Ali Al-Faramzi, murid Al-Qusyairi yang terkenal dan shabat Al-Subkhi, ia memiliki jasa yang besar dalam mengajar ilmu tasawuf pada Al-Ghazali. Suatu ketika, Al-Ghazali ikut sertadalam perdebatan dengan sekumpulan ulama dan para intelek yang dihadiri oleh Nidham Al-Mulk.

Oleh hal yang demikian, berkat penguasaan hikmat wawasan ilmu yang luas serta kelancaran berbahasa.Al-Ghazali berhasil memenangkan perbezaan ilmiah itu. Kemampuannya itu dikagumi Nizham Al-Mulk, sehingga menteri ini berjanji akan mengangkatnya menjadi guru padasekolah yang didirikannya di Baghdad. Rangkaian peristiwa yang bersejarah bagi Al-Ghazali ini tejadi pada tahun 484 H, atau 1091 M.
Pada usia 33 tahun, Al-Ghazali diangkat menjadi Profesor pada Universitas Nizhamiyah
di Baghadad, dan ia memperoleh suatu kedudukan yang tinggi dalam dunia ilmu pengetahuan pada masanya. Nizhamul Mulk makin tertarik dengan kemampuan Al-Ghazali, makadiundangnya Al-Ghazali supaya pindah ke Mu'askar, tempat kediaman perdana menteri itu dan tempat tinggal pembesar-pembesar Negara serta ulama dalam bagian ilmu.
Kini, Al-Ghazali dikenal sebagai tokoh yang agung, mudah mpunyai martabat tinggi dan populor, di samping setiap ucapan dan tulisannya mudah disimak, bahkan pada zamannya tidak ada yang menandinginya. Namun kemasyhuran yang diperolehnya itu ditinggalkan begitu saja oleh Al-Ghazali.Belaiu keluar dari lingkaran Nazahmiyah menuju Baitullah di Mekkah untuk menunaikan ibadah haji tepatnya tahun 448 H.Sepulang dari Mekkah, Al-Ghazali menuju Damaskus, di sana ia berkontemplasi di
menara Barat, di sebuah mesjid jami' bahkan menetap disana pula. Keadaan ini berlangsung selama sepuluh tahun sejak pindah ke Damsyik. Dalam masa ini ia menuliskan buku-buku yang dikenal diantaranya Ihya 'Ulum Al-Din.
Oleh kerana , desakan penguasa yaitu Muhammad, saudara Barkijaruk Al-Ghazali mau kembali mengajar di sekolah Nizhamiyah di Naisabur pada tahun 499 H, tetapi pekerjaan ini hanya berlangsung dua tahun. Akhirnya ia kembali ke kota Thus lagi. Di sana ia mendirikan sebuah sekolah untuk para fuqaha dan sebuah biara untuk para Mutawassifin.Di kota itu pula belaiu telah meninggal dunia pada tahun 505 H / 111 M/ dalam usia 54 tahun.


You Might Also Like

0 Leave a comment

Total Pageviews

Featured post

Lr Preset Sunset

Lr Preset Sunset - Rm 2.00 Payment method: Whatsapp Resit ke 0128673013   Shipping Method: DNG File by Email. Ma...

Translate